2. Pengorganisasian (organizing)
Pengorganisasian adalah suatu fungsi manajemen yang dipandang sebagai alat yang dipakai oleh orang-orang atau anggota organisani untuk mencapai suatu tujuan.
Ciri-ciri dalam pengorganisasion, adalah:
a. terdapat sekelompok orang yang saling mengenal
b. dalam organisasi hanya mempunyai sau tujuan
c. tiap anggota berusaha menyumbangkan pikiran dan tenaganya
d. mereka mempunyai wewenang dan tanggungjawab
e. mereka bekerja saling berhubungan dan merupakan suatu kesatuan.
Prinsip-prinsip penyusunan organisasi, adalah:
a. adanya penetapan tujuan
b. adanya pembagian kerja atau tugas
c. adanya kesatuan pemerintah atau komando
d. adanya pelimpahan wewenang dan tanggung jawab
Manfaat pengorganisasian dalam pengelolaan usaha adalah:
a. mempertegas hubungan antara anggota yang satu dengan yang lain
b. sebagai pedoman pelaksanaan yang baik dan setiap anggota dapat mengetahui kepada siapa harus bertanggung jawab.
c. Setiap anggota organisasi dapat mengetahui tugas dan tanggung jawabnya.
d. Akan terciptanya hubungan yang baik antara anggota organisasi
e. Adanya pendelegasian wewenang secara tegas.
f. Adanya rentang kekuasaan dan pengawasan
g. Adanya tingkat kekuasaan koordinasi
Kamis, 18 Juni 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar